Kamis, 25 Mei 2017

TAUKAH KAMU...APA SAJA YANG BISA MEMBATALKAN PUASA???





Selama bulan puasa banyak hal yang harus kita persiapkan terutama mental dan fisik. Kita juga perlu memahami hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh kita lakukan selama menjalani ibadah puasa, hal ini supaya puasa kita tetap khusuk dan diterima oleh Allah SWT. Berikut hal-hal yang bisa membatalkan puasa:

Berniat Membatalkan Puasa
Dalam berpuasa pada bulan Ramadhan wajib hukumnya untuk melakukan niat terlebih dahulu. Niat merupakan rukun sahnya puasa, sehingga apabila kita secara sengaja berniat untuk membatalkan puasa, berarti puasa kita sudah dianggap batal.

Makan dan Minum dengan sengaja
Berpuasa adalah ibadah yang dilakukan dengan cara menahan lapar dan haus...jadi sekiranya kita secara sengaja makan dan minum pada saat kita sedang berpuasa, maka puasa yang kita lakukan dianggap batal dan tidak sah.

Muntah dengan sengaja
Muntah yang terjadi karena ketidak sengajaan tidak membatalkan puasa, tetapi sebaliknya apabila pada saat puasa kita sengaja muntah, maka hal tersebut akan membatalkan puasa kita.

Bersetubuh atau Mengeluarkan Air Mani dengan sengaja
Suami istri yang sudah sah dan melakukan hubungan badan pada saat siang hari di bulan Ramadhan adalah haram hukumnya. 

Haid atau Nifas
Wanita yang sedang haid atau nifas dilarang untuk melakukan puasa, tetapi nanti setelah bulan Ramadhan berakhir mereka harus mengganti hutang puasa mereka di hari lain.

Merokok atau Memasukkan Obat dari Hidung atau Mulut
Memasukkan sesuatu ke dalam mulut dan hidung, baik itu obat ataupun merokok akan membatalkan puasa kita.

Demikian sedikit tulisan saya tentang hal-hal yang membatalkan puasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar