Selasa, 23 Mei 2017

TIPS MUDIK LEBARAN




Mudik adalah tradisi di akhir Bulan Puasa. Puasa bukanlah halangan buat bepergian atau melakukan perjalanan jauh asalkan tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut beberapa tips tentang hal yang harus diketahui saat akan melakukan perjalanan saat berpuasa:

Tercukupinya Cairan Tubuh 
Kebutuhan akan cairan tubuh bisa dilakukan saat melakukan sahur dan buka puasa. Cairan yang paling dianjurkan adalah mengkonsumi 8 gelas air putih setiap harinya dan kurangi mengkonsumi minuman yang mengandung kafein saat melakukan sahur.  Selain dari air putih, Anda juga bisa mendapatkan cairan dari sup atau buah.

Kurangi Mengkonsumsi Makanan yang Manis atau Asin
Mengkonsumsi makanan manis atau asin dalam jumlah yang besar akan membuat tubuh kekurangan cairan sehingga Anda akan lebih mudah merasa haus. Hal ini karena kedua jenis makanan tersebut akan menyerap cairan yang terdapat dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi atau bahkan menghindarinya.

Mengurangi Makanan yang Mengandung Karbohidrat yang Tinggi
Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah besar atau makanan yang tinggi karbohidrat akan membuat Anda lebih cepat merasa lelah dan mengantuk. Hal ini karena makanan tersebut akan membuat tubuh bekerja lebih keras saat mencernanya. Dengan begini, maka energi dalam tubuh juga ikut berkurang.

Istirahat harus CukupUsahakan istirahat yang cukup sebelum perjalanan dan selama melakukan perjalanan, supaya energi dalam tutuh tetap terjaga. Selain itu, usahakan agar Anda juga bisa makan tepat waktu saat sahur dan berbuka puasa agar energi dalam tubuh Anda tetap terjaga. Saat Anda telah merasa lelah atau lemah, sebaiknya Anda tidak melanjutkan perjalanan dan istirahat sejenak. Istirahat akan membantu Anda untuk mendapatkan kembali energi sebelum kembali melakukan perjalanan

Mengetahui Keadaan Lingkungan Sekitar
Pada bulan Ramadhan, dimana sebagian orang sedang berpuasa, mungkin saja pengendara lain juga sedang merasa kelelahan dan juga memiliki emosi yang tidak stabil. Oleh karena itu, selalu berhati-hati dan perhatikan keadaan sekitar Anda saat mengemudi.

Menggunakan Transportasi Yang Nyaman
Jika ternyata Anda sudah benar-benar mengantuk dan lelah namun harus tetap melanjutkan perjalanan, sebaiknya Anda segera berhenti, menaruh kendaraan Anda di tempat yang aman. Apabila merasa tidak mampu berkendaraan sendiri maka nggunakanlah transportasi umum nyaman. Cara ini akan jauh lebih aman daripada jika Anda harus mengemudi dalam keadaan lelah. Ingatlah untuk selalu menjaga keselamatan Anda.

Wisata Jogja
Anindya Transport
(0858.788.764.77)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar