Minggu, 21 Mei 2017

SAAT SI KECIL BELAJAR BERPUASA



Melatih berpuasa bagi buah hati kita adalah sebuah ajang pendidikan kedisiplinan, meningkatkan empati dan simpati serta mendidik untuk lebih mengerti tentang ajaran agama islam yang memang mewajibkan berpuasa pada saat Bulan Ramadhan.  Seperti yang kita tahu bahwa pendidikan akhlak dan karakter anak sebaiknya dimulai sejak sedini mungkin. Melatih berpuasa sejak dini pada saat bulan ramadhan merupakan moment yang tepat untuk mengajarkan kedisiplinan pada anak, disiplin kapan harus bangun saat sahur, kapan saat harus menahan makan dan kapan harus makan untuk berbuka puasa. 

Kebetulan kita tinggal di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah Muslim, sehingga bulan Ramadhan akan benar-benar terasa kekhusyu'an umat Islam dalam menjalankan ibadahnya. Dengan didukung oleh lingkungan masyarakat yang sedang gencar melakukan ibadah, orangtua bisa menerapkan pendidikan akhlak dan agama di dalam lingkup rumah. 
Mendidik anak mempunyai kesadaran untuk berpuasa harus dilatih dengan cara bertahap, misal diawali dengan berpuasa setengah hari. Kemudian diupayakan ada hal-hal yang menyenangkan yang menjadi penyemangat buat anak yang sedang berpuasa, seperti memberi mereka reward disaat bisa menyelesaikan kegiatan puasanya. Selain itu sedikit demi sedikit kita jelaskan tentang manfaat berpuasa dari segi kesehatan dan kecerdasan spiritual anak di masa mendatang.

Sebenarnya manfaat tidak hanya didapat oleh anak yang sedang belajar untuk berpuasa, tetapi sebagai orang tua kita juga mendapatkan proses pembelajaran yang luar biasa, karena kita belajar berlatih kesabaran disaat anak merengek karena haus ataupun lapar. Selama kita melihat kondisi badan anak masih normal usahakan kita jangan sampai tergoda atau tidak tega melihat rengekan anak kita. Tidak jarang ada orang-orang disekitar kita menganggap kita kejam terhadap anak, karena membiarkan mereka kelaparan dan kehauasan, padalah dari beberapa penelitian dijelaskan bahwa anak yang bisa menahan pemuasan segera akan meningkatkan kecerdasan emosi mereka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar