Minggu, 21 Mei 2017

MENU SEHAT DISAAT BERPUASA








Beberapa hari lagi semua umat muslim di dunia akan menjalani Puasa Ramadhan. Hal yang perlu dipersiapkan supaya  bisa menjalani ibadah puasa dengan khusuk adalah tetap menjaga stamina dan kebugaran tubuh. Beberapa hal yang perlu diketahui supaya badan tetap bugar dan fresh selama menjalani ibadah puasa, antara lain:
1.  Melakukan Medical Check Up
Hal ini penting dilakukan supaya kita mengetahui kondisi tubuh kita, kemudian konsultasikan dengan dokter apabila ada hal-hal yang perlu perhatian khusus sehingga bisa diantisipasi pada saat kita menjalani puasa.
2.  Menguatkan niat bahwa puasa adalah suatu hal yang bisa membuat badan menjadi lebih sehat.
Orang yang berpuasa menurut pemikiran awam tentu tubuhnya akan menjadi lemah, tidak bertenaga. Namun pada kenyataannya penelitian para ahli menunjukan hasil yang sebaliknya ,ternyata  puasa justru meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Puasa juga meningkatkan kewaspadaan dan kecerdasan fikiran . Dalam perang Badar terbukti kaum muslimin yang jumlahnya hanya 315 orang ternyata dapat mengalahkan kaum Kafir Quraisy yang berjumlah  950 orang pada bulan Ramadhan, dimana ketika itu kaum Muslimin sedang mengerjakan ibadah puasa.

3.   Pentingnya Sahur
Mengkonsumsi makanan saat sahur mempengaruhi kerja tubuh kita, sehingga perlu kita pertimbangkan menu-menu yang bisa menjaga stamina kita selama berpuasa seharian penuh.Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena bantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina Anda selama puasa.

4.  Makanan yang harus dihindari selama puasa
Hindari mengkonsumi makanan yang berminyak, karena  akan mengakibatkan darah menggumpal sehingga aliran oksigen akan terhambat.

5.  Olah Raga yang cukup
   Pada saat berpuasa kita juga perlu melakukan olah raga, supaya kondisi tubuh tetap terjaga. Olah raga bisa dilakukan pada saat sore hari menjelang berbuka puasa atau pada saat malam hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar